UPACARA

SMP Negeri 2 Sambungmacan Setiap tanggal 17 melaksanakan upacara.

Family Gathering

Kegiatan guna Memupuk rasa Solidaritas Keluarga besar SMP Negeri 2 Sambungmacan

Kebersamaan Kepala Sekolah dengan Siswa SAMARO

Membentuk Karakter Siswa dengan Menjalin Keakraban dengan Siswa

PKKS

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Tahun 2018

BUKU KENDALI BACA UNTUK PROGRAM LITERASI

Kabupaten Sragen telah Mendeklarasikan dirinya sebagai Kabupaten "LITERASI"  Apa itu literasi ?
National Institute for Literacy, mendefinisikan Literasi sebagai “kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.” jadi literasi sebagai bagian terpenting dalam kegaiatan pembelajaran baik formal maupun non formal.
Salah satu komitmen dan wujud nyata SMP Negeri 2 Sambungmacan dalam mendukung Program Pemerintah Kabupaten Sragen sebagai Kabupaten Literasi yaitu ditertibkanya Buku Kendali Baca (BKB) untuk siswa, buku ini digunakan siswa untuk merangkum hasil bacaan. 


  1. DIPAKSA
  2. TERPAKSA
  3. TERBIASA
  4. BIASA
  5. BISA 
dalam pembelajaran 5 hal diatas perlu dilakukan diawali kita memaksa walaupun siswa terpaksa tahap demi tahap akan terlalui hingga mendapatkan hasil yang memuaskan. BISA BISA dan BISA.
Buku Kendali Baca SMP Negeri 2 Sambungmacan Guna memonitor apakah siswa benar benar membaca dibuktikan dengan hasil rangkuman yang di koreksi oleh guru, selain itu secara tidak langsung memaksa siswa selain membaca juga belajar menulis. Kebiasaan membaca akan timbul ketika kita suka Menulis Karena dengan menulis baik itu Artikel, Puisi, Cerpen Kita akan tergerak untuk mencari sumber informasi melalui membaca guna memperbanyak perbendaharaan kata.

Terlihat Senyum manis  ketika mengetahui nilai di Buku Kendali Bacanya mendapat Nilai B. kegiatan Literasi di SMP Negeri 2 Sambungmacan terlihat efektif setelah diluncurkannya BKB. siswa kelihatan antusias memilih memilah buku diperpustakaan. bahkan banyak siswa yang meminta buku bacaan baru. " buku anyare ndi pak " Celetus salah satu siswa karena kecewa buku yang dia cari sudah di bawa oleh siswa lain.
boleh dikatakan bahwa kegiatan pembiasaan literasi yang dilaksanakan tiap hari senin di SMP Negeri 2 Sambungmacan mengalami perubahan dan pergerakan yang signifikan, dulu sebelum adanya buku kendali baca siswa hanya meminjam buku tanpa memperdulikan isi didalamnya sekarang siswa terdorong untuk mencari buku yang menurut dia bermanfaat enak di baca.

Orang bijak berkata :
" Membacalah jika kau ingin melihat dunia dan Menulislah jika kau ingin dilihat dunia"
" Buku adalah Guru yang tak pernah Marah"
"Alam hanya mampu memperlihatkan tempat yang terbatas,tapi buku memberikan dunia yang tak      terbatas"
" Rumah tanpa buku seperti ruangan tanpa Jendela"

PENDIDIKAN BERKARAKTER MELALUI KEGIATAN JUM AT BERTAMAN

Kegiatan pembiasaan setiap hari jumat di SMP Negeri 2 Sambungmacan merupakan salah satu upaya membentuk karakter siswa. Kegiatan bertaman yang dilaksanakan pada Hari Jumat, 12/10/2017 diharapkan mampu membangun karakter siswa dalam hal bergotong-royong, memelihara lingkungan sekitar serta memupuk rasa tanggung jawab.
Kegiatan pembiasan selain di ikuti seluruh siswa juga di dampingi oleh seluruh guru dan karyawan, gelak ceria bahu membahu antara guru karyawan serta siswa terbagun disitu. saling membantu, memberi saran, mengemukakan pendapat dan tak terlihat sedikit pun rasa canggung untuk bertanya sangat nampak perbedaan dibandingkan saat siswa bertanya didalam kelas.
tak bisa di pungkiri di Era pesatnya perkembangan teknologi informasi khususnya  dunia sosial media banyak mempengaruhi budaya dan karakter dikalangan usia muda untuk itu amat dan sangat perlu dilakukan pendidikan karakater sejak usia dini guna memfilter derasnya arus informasi yang bisa saja mempengaruhi karakter dan jati diri kita sebagai bangsa timur khususnya bangsa Indonesia yang mengedepankan kemajemukan, gotong-royong dan budi pekerti.
Kegiatan bertaman di SMP Negeri 2 Sambungmacan setiap kelas diberi tugas untuk merawat satu taman ini bertujuan agar Wali kelas dan siswa belajar bertanggung jawab atas keindah taman yang mereka pelihara selain itu juga diberikan penilaian dan bagi taman yang terbaik di berikan Reward. penilaian dan reward yang diberikan agar midset siswa terbagun "dengan kerja keras yang dilakukan dengan sunguh-sunguh penuh keikhlasan akan mendapatkan hasil yang sebanding dengan apa yang mereka telah lakukan".
Satu hal terpenting yang perlu diketahui bahwa pendidikan karakter amat sangat penting diberikan kepada siswa guna membangun mental dan jiwa pemuda-pemudi bangsa Indonesia yang bermartabat dan mampu menjaga jati dirinya sebagai bangsa yang berkedaulat.