BUKU KENDALI BACA UNTUK PROGRAM LITERASI

Kabupaten Sragen telah Mendeklarasikan dirinya sebagai Kabupaten "LITERASI"  Apa itu literasi ?
National Institute for Literacy, mendefinisikan Literasi sebagai “kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.” jadi literasi sebagai bagian terpenting dalam kegaiatan pembelajaran baik formal maupun non formal.
Salah satu komitmen dan wujud nyata SMP Negeri 2 Sambungmacan dalam mendukung Program Pemerintah Kabupaten Sragen sebagai Kabupaten Literasi yaitu ditertibkanya Buku Kendali Baca (BKB) untuk siswa, buku ini digunakan siswa untuk merangkum hasil bacaan. 


  1. DIPAKSA
  2. TERPAKSA
  3. TERBIASA
  4. BIASA
  5. BISA 
dalam pembelajaran 5 hal diatas perlu dilakukan diawali kita memaksa walaupun siswa terpaksa tahap demi tahap akan terlalui hingga mendapatkan hasil yang memuaskan. BISA BISA dan BISA.
Buku Kendali Baca SMP Negeri 2 Sambungmacan Guna memonitor apakah siswa benar benar membaca dibuktikan dengan hasil rangkuman yang di koreksi oleh guru, selain itu secara tidak langsung memaksa siswa selain membaca juga belajar menulis. Kebiasaan membaca akan timbul ketika kita suka Menulis Karena dengan menulis baik itu Artikel, Puisi, Cerpen Kita akan tergerak untuk mencari sumber informasi melalui membaca guna memperbanyak perbendaharaan kata.

Terlihat Senyum manis  ketika mengetahui nilai di Buku Kendali Bacanya mendapat Nilai B. kegiatan Literasi di SMP Negeri 2 Sambungmacan terlihat efektif setelah diluncurkannya BKB. siswa kelihatan antusias memilih memilah buku diperpustakaan. bahkan banyak siswa yang meminta buku bacaan baru. " buku anyare ndi pak " Celetus salah satu siswa karena kecewa buku yang dia cari sudah di bawa oleh siswa lain.
boleh dikatakan bahwa kegiatan pembiasaan literasi yang dilaksanakan tiap hari senin di SMP Negeri 2 Sambungmacan mengalami perubahan dan pergerakan yang signifikan, dulu sebelum adanya buku kendali baca siswa hanya meminjam buku tanpa memperdulikan isi didalamnya sekarang siswa terdorong untuk mencari buku yang menurut dia bermanfaat enak di baca.

Orang bijak berkata :
" Membacalah jika kau ingin melihat dunia dan Menulislah jika kau ingin dilihat dunia"
" Buku adalah Guru yang tak pernah Marah"
"Alam hanya mampu memperlihatkan tempat yang terbatas,tapi buku memberikan dunia yang tak      terbatas"
" Rumah tanpa buku seperti ruangan tanpa Jendela"

0 komentar: