PENDIDIKAN BERKARAKTER MELALUI KEGIATAN JUM AT BERTAMAN

Kegiatan pembiasaan setiap hari jumat di SMP Negeri 2 Sambungmacan merupakan salah satu upaya membentuk karakter siswa. Kegiatan bertaman yang dilaksanakan pada Hari Jumat, 12/10/2017 diharapkan mampu membangun karakter siswa dalam hal bergotong-royong, memelihara lingkungan sekitar serta memupuk rasa tanggung jawab.
Kegiatan pembiasan selain di ikuti seluruh siswa juga di dampingi oleh seluruh guru dan karyawan, gelak ceria bahu membahu antara guru karyawan serta siswa terbagun disitu. saling membantu, memberi saran, mengemukakan pendapat dan tak terlihat sedikit pun rasa canggung untuk bertanya sangat nampak perbedaan dibandingkan saat siswa bertanya didalam kelas.
tak bisa di pungkiri di Era pesatnya perkembangan teknologi informasi khususnya  dunia sosial media banyak mempengaruhi budaya dan karakter dikalangan usia muda untuk itu amat dan sangat perlu dilakukan pendidikan karakater sejak usia dini guna memfilter derasnya arus informasi yang bisa saja mempengaruhi karakter dan jati diri kita sebagai bangsa timur khususnya bangsa Indonesia yang mengedepankan kemajemukan, gotong-royong dan budi pekerti.
Kegiatan bertaman di SMP Negeri 2 Sambungmacan setiap kelas diberi tugas untuk merawat satu taman ini bertujuan agar Wali kelas dan siswa belajar bertanggung jawab atas keindah taman yang mereka pelihara selain itu juga diberikan penilaian dan bagi taman yang terbaik di berikan Reward. penilaian dan reward yang diberikan agar midset siswa terbagun "dengan kerja keras yang dilakukan dengan sunguh-sunguh penuh keikhlasan akan mendapatkan hasil yang sebanding dengan apa yang mereka telah lakukan".
Satu hal terpenting yang perlu diketahui bahwa pendidikan karakter amat sangat penting diberikan kepada siswa guna membangun mental dan jiwa pemuda-pemudi bangsa Indonesia yang bermartabat dan mampu menjaga jati dirinya sebagai bangsa yang berkedaulat.


0 komentar: