UPACARA

SMP Negeri 2 Sambungmacan Setiap tanggal 17 melaksanakan upacara.

Family Gathering

Kegiatan guna Memupuk rasa Solidaritas Keluarga besar SMP Negeri 2 Sambungmacan

Kebersamaan Kepala Sekolah dengan Siswa SAMARO

Membentuk Karakter Siswa dengan Menjalin Keakraban dengan Siswa

PKKS

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Tahun 2018

Penyajian Fabel (Kelas VII)

Penyajian Fabel (Kelas VII)

Kelas VII menunjukkan kebolehannya dalam menceritakan fabel dengan alat peraga. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka ujian praktik Bahasa Indonesia. Berikut ini salah satu penampilan mereka yang berjudul Kancil dan Buaya dan dibawakan oleh kelompok Kandas di Perpustakaan (kelas VIIB). Selamat menyaksikan.


Lihat pula penampilan Kayun, Mia, Afifah, Sinta, dan Dharu (Kelas VIIA) berikut ini.


Nah, bagus bukan. Sampai bertemu di penampilan-penampilan berikutnya yang lebih keren dan epic!

Kunjungan Kerja Kabid PTK


 Kunjungan Kerja Kabid PTK


Samaro (19/3). Kepala Bidang (kabid) Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, Dra. Sunari, M.Pd. melakukan kunjungan kerja sekaligus memberikan pembinaan di SMP Negeri 2 Sambungmacan. Rangkaian kunjungan kerja tersebut diawali dengan upacara bendera, beliau sekaligus menjadi pembina upacara.
Dra. Sunari, M.Pd. menjadi pembina upacara dalam kunjungan kerja kabid PTK di SMPN 2 Sambungmacan pada Senin, 19 Maret 2018
 
Upacara berlangsung khidmat dan tanpa kesalahan bahkan seluruh peserta telah siap sebelum pukul 07.00 sehingga upacara dapat dimulai dan selesai tepat waktu. Petugas upacara, yaitu siswa-siswai yang tergabung dalam dewan penggalang, regu paduan suara diambil dari siswa-siswi peserta ekstrakurikuler paduan suara.
Suasana upacara yang khidmat

Dalam amanatnya, kabid berpesan kepada siswa-siswi terkait dengan program dan/atau imbauan pemerintah kabupaten sragen. Beberapa program dan/atau imbauan yang disampaikan, yaitu:
1.    Pentingnya Adik-Liman (anak didik peduli teman) yang merupakan sarana kepedulian antarsiswa sehingga kesenjangan dapat diminimalkan. Hasilnya diharapkan tidak akan ada lagi siswa yang bersepatu rusak, tidak memiliki alat tulis, dan tidak memiliki seragam.
2.    Pawiyatan Sakjroning Taman yang merupakan upaya agar siswa merasa nyaman di sekolah karena penataan linkungan sekolah yang asri dan sejuk. Implikasi dari program tersebut, yaitu penambahan tanaman hias, tanaman toga, dan penataan taman sekolah sehingga sekolah bersuasana sejuk dengan asupan oksigen yang melimpah yang berujung pada kenyamanan siswa selama di sekolah.
3.    Wawasan Adiwiyata.  Adiwiyata  adalah upaya membangun program untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup sehingga kelak siswa akan peduli dengan lingkungan. Adiwiyata terimplikasi dalam Pawiyatan Sakjroning Taman yang perlu terus menerus ditingkatkan.
4.    Penggiatan literasi. Literasi merupakan cara yang ampuh dalam menangkal informasi yang tidak benar karena lingkungan akademik merupakan sarana belajar menyikapi semua informasi dengan bijaksana. Literasi mutlak diperlukan dalam semua lini kehidupan. Dengan literasi yang tinggi diharapkan siswa akan cerdas dan terampil, santun dalam perilaku. Contoh kegiatan yang literatif, yaitu budaya baca dan budaya kunjung perpustakaan.
5.    Mewaspadai perilaku negatif yang akhir-akhir marak terjadi sebagai dampak negatif media sosial dan narkoba. Seluruh warga sekolah diharapkan memiliki self-awareness terhadap media sosial dan peredaran narkoba di kalangan pelajar. Pencegahan sejak dini perlu ditingkatkan melalui upaya-upaya yang persuasif.
Setelah upacara, dilakukan serah terima piala POPDA SMP 2018 dari siswa ke sekolah. Mengawali tahun 2018, Samaro telah menunjukkan tren positif prestasinya karena terbukti dengan meraih tujuh piala sekaligus dari nomor atletik, yaitu:
Putra
Putri
1.    JUARA II LOMPAT JAUH PUTRA
2.    JUARA II LEMPAR CAKRAM PUTRA
3.    JUARA II LARI 100 METER PUTRA
4.    JUARA II LARI 800 METER PUTRA
1.    JUARA I TOLAK PELURU PUTRI
2.    JUARA II LOMPAT JAUH PUTRI
3.    JUARA III LEMPAR CAKRAM PUTRI
4.    JUARA III LARI 1500 METER PUTRI

Pembinaan dan diskusi interaktif  Dra. Sunari, M.Pd. dengan guru dan karyawan SMPN 2 Sambungmacan
Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan dan diskusi interaktif antara kabid dengan guru dan karyawan. Kegiatan dilakukan di lab IPA. Dalam pembinaannya, kabid menekankan tiga hal pokok, yaitu (1) rasa syukur menjadi guru yang diwujudkan dengan mengutamakan tugas pokok sebagai pendidik daripada tugas lain, (2) pentingya meningkatkan kinerja 8 standar sesuai dengan undang-undang yang berlaku, dan (3) peningkatan kompetensi guru (pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial). (admin)

SUDAH SIAP UJIAN NASIONAL ?

Apa itu Ujian Nasional ?
UN atau Ujian Nasional pasti tak asing lagi khususnya di dunia Pendidikan bahkan banyak para siswa mennggap Ujian Nasional sebagai momok yang menakutkan karena Ujian Nasional salah satu penentu nasib untuk melanjutkan sekolah kejenjang berikutnya.
Apa Tujuan dan Manfaat Ujian Nasional ? 
Kapan Ujian Nasional di Laksanakan ?
sebagai siswa JAMAN NOW harusnya bukan hal yang asing tentang pertanyaan diatas bahkan tidak ada lagi kata takut belum siap untuk menghadapinya. karena di jaman NOW di era Teknologi informasi yang berkembang pesat sarana sumber belajar terbuka lebar tinggal bagaimana cara berpikir kreatif siswa dalam belajar.
untuk sedikit informasi tentang Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 lihat video dibawah ini :

 Semoga bermanfaat ....! SUKSES UN

Even


Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2018

Dalam rangka partisipasi Indonesia dalam 47th International Letter-Writing Competition for Young People 2018 yang diselenggarakan Universal Postal Union (UPU), pemerintah mengundang kalian untuk turut serta dalam Lomba menulis surat remaja nasional 2018. Mengapa mesti ikutan?
Tahukah kamu? Tahun lalu Shaquilla Rahmadina berhasil menjuarai Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2017, bahkan menjadi Juara II Tingkat Internasional (Second Prize 46th International Letter-Writing Competition for Young People 2017). Hebat bukan? Ternyata anak-anak Indonesia itu hebat dan keren! Tahun ini kamukah juaranya? Pasti bisa!!!
Tema lomba kali ini, yaitu Seandainya kamu adalah sebuah surat yang melintasi waktu, pesan apa yang ingin kamu sampaikan kepada pembacamu? Tema tersebut diadopsi dari tema lomba yang diselenggarakan Universal Postal Union yaitu Imagine you are a letter travelling through time. What message do you wish to convey to your readers?
Isi surat mengandung nilai-nilai universal, antara lain kemanusiaan, pelestarian lingkungan hidup, toleransi, persahabatan, atau yang menyangkut ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan, kesehatan, kebudayaan, dan lain sebagainya. Info lengkap dapat dilihat di laman laman (website) Kementerian Komunikasi dan Informatika (www.kominfo.go.id) dan PT. Pos Indonesia (www.posindonesia.co.id).

Pemandangan dari Drone, siswa terlihat antusias menulis surat, berasa menulis surat cinta saja. Hehehe

Nah, SMPN 2 Sambungmacan juga berpartisipasi lho! SMPN 2 Sambungmacan beberapa waktu yang lalu telah mengadakan seleksi surat terbaik yang akan dikirim berpartisipasi dalam lomba tersebut. Hasilnya, kebanyakan mereka menulis surat untuk para artis, para penegak hukum, BNN, bahkan banyak juga yang mengirim surat kepada Presiden RI. Semoga berhasil ya teman-teman!

Siswa SMPN 2 sedang sibuk menulis surat di tribun depan Lab. Bahasa
Tertarik dengan lomba menulis surat? Mau tahu info lebih lanjut? Klik tautan berikut untuk mengunduh brosurnya: Brosur Lomba Menulis Surat Remaja 2018