UPACARA

SMP Negeri 2 Sambungmacan Setiap tanggal 17 melaksanakan upacara.

Family Gathering

Kegiatan guna Memupuk rasa Solidaritas Keluarga besar SMP Negeri 2 Sambungmacan

Kebersamaan Kepala Sekolah dengan Siswa SAMARO

Membentuk Karakter Siswa dengan Menjalin Keakraban dengan Siswa

PKKS

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Tahun 2018

Bank Bukopin Goes to School

Bank Bukopin Goes to School


Jumat (20/7), dalam rangka meningkatkan literasi keuangan terhadap generasi muda sekaligus memupuk semangat menabung, Bank Bukopin Cabang Sragen telah menjalin kerja sama dengan SMPN 2 Sambungmacan untuk memfasilitasi siswa untuk menabung di SMPN 2 Sambungmacan melalui fasilitas SIMPEL (simpanan pelajar). 

Perwakilan dari Bank Bukopin sedang memberikan sosialisasi SIMPEL (simpanan pelajar)

Simpel memiliki banyak kelebihan yang tentunya sangat bermanfaan bagi siswa. Kelebihan yang diberikan, yaitu:
(1) Pembukaan rekening yang sangat terjangkau, Rp5000,00 (lima ribu rupiah), apabila menghendaki ATM siswa cukup menambah setoran awal menjadi Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah);
(2) Setoran selanjutnya minimal hanya Rp5000,00 (lima ribu rupiah)
(3) Setoran sangat fleksibel, artinya petugas dari Bank Bukopin akan datang sekolah setiap Jumat.
Uang tabungan siswa dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya persiapan study tour, persiapan ke SMA/SMK, atau keperluan lainnya.

Siswa antusias mendaftar untuk menabung

Dengan menabung, siswa dilatih memiliki perencanaan keuangan yang baik. Memiliki pemahaman terhadap perencanaan keuangan yang baik merupakan pondasi fundamental menuju kehidupan yang sejahtera. Selamat menabung teman-teman!


Polsek Sambungmacan Goes to School

Polsek Sambungmacan Goes to School

Ibu kepala sekolah dan jajaran Polsek Sambungmacan berfoto bersama


Jumat (20/7). Hai, komunitas akademik SMP Negeri 2 Sambungmacan! Tahun pelajaran 2018/2019 telah tiba. Tak lupa kami ucapkan selamat datang kepada siswa/siswi baru yang penuh semangat menapaki jenjang pendidikan baru bersama Samaro. 
Bapak Joko Widodo, selaku Kapolsek Sambungmacan sedang memberikan pembinaan pendidikan karakter kepada siswa/siswi SMPN 2 Sambungmacan

Pada hari Jumat yang cerah ini, Alhamdulillah jajaran Polsek Sambungmacan berkenan hadir menyapa komunitas akademik. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Joko Widodo, selaku Kapolsek Sambungmacan menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi kesuksesan siswa/siswi pada masa yang akan datang. Amanat yang disampaikan, yaitu:
(1) Pentingnya menjauhi perilaku negatif, seperti merokok, miras, narkoba, dan perilaku menyimpang lainnya;
(2) Kewajiban siswa/siswi untuk berbakti pada orang tua, guru, dan menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, dan sekolah di manapun berada;
(3) Pentingya tertib berlalu lintas, misalnya mengenakan helm saat berkendara, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, menggunakan motor standar (tidak diprotholi);
(4) Siswa harus terus menerus belajar dan memiliki kebanggan sebagai siswa SMPN 2 Sambungmacan sehingga dapat memajukan sekolah;
(5) Penggunaan ponsel android harus sesuai dengan keperluan dan tidak disalahgunakan untuk hal-hal negatif karena dapat menjerumuskan pada keburukan.
Bapak Giyono Eko S. dengan semangat memberikan penguatan dan motivasi pendidikan karakter

Selanjutnya, Bapak Giyono Eko S. juga turut memberikan penguatan pendidikan karakter. Penguatan yang disampaikan beliau, yaitu:
(1) Disiplin merupakan kunci sukses dalam hidup;
(2) Pentingya ketertiban di segala lini kehidupan, misalnya terkait dengan lalu lintas;
(3) Ketaatan pada orang tua, guru, dan orang yang lebih tua.
Bapak Muson menebar keceriaan kepada siswa/siswa SMPN 2 Sambungmacan

Tak lupa, Bapak Muzon selaku Kamtibbimas di penghujung acara menebar keceriaan kepada siswa/siswi SMPN 2 Sambungmacan. Dalam kesempatan itu, beliau menyampaikan agar siswa saling bertoleransi dengan sesamanya, terlebih yang mengikuti perguruan silat. Silat bukan digunakan untuk gontok-gontokkan dengan orang lain melainkan untuk membina kesehatan dan kedisiplinan. Siswa/siswi diimbau untuk tidak berpacaran karena lebih banyak negatifnya. Selain itu, beliau mengimbau untuk tertib berlalu lintas: kenakan helm standar, hindari boncengan tiga, patuhi lampu/rambu lalu lintas.

Benar-benar pengalaman luar biasa bagi komunitas akademik SMPN 2 Sambungmacan karena dapat beramah tamah dengan Polsek Sambungmacan. Melalui acara seperti ini diharapkan, siswa/siswi SMPN 2 Sambungmacan diharapkan termotivasi untuk terus giat belajar, patuh/taat pada orang tua, guru, dan orang yang lebih tua serta menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, dan sekolah di manapun berada. Siswa juga diharapkan meningkat pemahamannya dalam berlalu lintas sehingga dapat tertib. 

Semoga kegiatan Polsek Sambungmacan Goes to School menjadi kegiatan rutin. Terima kasih Bapak-bapak dari Polsek Sambungmacan.